Minggu, 10 Januari 2016

PENYEBRANGAN PERAHU PAK KARDI




Pak Kardi, begitulah beliau menyebutkan namanya ketika berkenalan dengan saya. Pak Kardi adalah seorang petani di Desa Parungsari Kab. Karawang. Tetapi selain mengurus lahan pertanian beliau juga mempunyai kegiatan sehari-hari yang sangat membantu bagi warga disana, yaitu sebagai penarik perahu atau getek (bahasa sunda), waktu itu saya mengantar tetangga hendak berkunjung ke rumah kerabatnya di Desa Cipayung Kab. Bekasi, saya memilih lewat jalur ini karena lebih cepat, daripada harus lewat jalan raya makan waktu yang lama dan boros BBM,jadi saya pilih lewat penyebrangan perahu ini lebih cepat dan irit BBM. Saya menunggu di perahu sambil mengobrol dengan pak kardi tentang pekerjaannya sebagai penarik perahu.


Sudah hampir lima belas tahun pak kardi membantu warga Desa Parungsari Kab. Karawang dan Desa Cipayung Kab. Bekasi, dua Desa ini di pisahkan oleh kali Citarum, banyak sekali warga yang bergantung pada penyebrangan perahu ini mulai dari yang pergi beraktifitas bekerja, sekolah, para pedagang bahkan para ibu-ibu yang ingin kepasar lewat penyebrangan perahu ini. Penyebrangan perahu ini beroperasi 24 jam, padahal disini tempatnya sangat menyeramkan di sekelilingnya banyak pohon bambu dan pohon-pohon besar.

Menurut pak Kardi, beliau tidak meminta/mematok tarif kepada setiap yang melewati penyebrangan perahu ini, para penyebrang memberikan seikhlasnya saja. “ada yang ngasih 1000 atau 2000 bahkan ada pula yang hanya mengucapkan terimakasih saja “. Begitu kata pak Kardi, tapi beliau tetap ikhlas melakukan semuanya.

Tetap semangat buat pak Kardi, semoga pak Kardi selalu di berikan kesehatan supaya bisa tetap mambantu warga desa menggunakan jasa penyebrangan perahu ini…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar